serba serbi online

Keunikan Uang Soekarno

Keunikkan uang Soekarno - Uang soekarno selama ini identik dengan hal-hal mistik, itulah sebabnya banyak kolektor barang antik yang memburu uang ini. Uang Soekarno yang dimaksud ini bentuknya berupa pecahan uang kertas pada bagian depan nampak gambar tokoh Soekarno. Uang ini ternyata memiliki banyak versi diantaranya meliputi:

- Nominal yang bervariasi dari: Rp.1, Rp.100, Rp.1.000, Rp.5.000 dan Rp.10.000.

- Jika dilihat tampak dari depan ada yang hanya bergambar bapak Soekarno saja, atau ada juga tulisan "kun fayakun" saja, dan ada pula surat Al Ikhlas yang bisa kita lihat melalui mata telanjang tanpa alat bantu penglihatan.

- Di amati pada gambar belakang tampak penari serimpi yg berjumlah penari 1 - 9 orang, penari bali, penari sambil bawa obor, orang yg sedang bajak sawah, penari menggendong 1 - 3 anak mirip tuyul, wali songo, gatot kaca, sri kandi, banteng, wayang orang, wayang kulit, dewi kuan im, badak, gajah, rusa, kartini berdo’a, nelayan dll.

- Warna uang soekarno: hijau, biru, merah, coklat, ungu dll.

- Mempunyai benang pengaman pada lembar kertas berwarna emas dan perak yang hanya bisa kita dilihat bila menggunakan alat deteksi sinar Ultra Violet dan detector uang palsu lainnya.

- Jika dilihat menggunakan sinar Ultra Violet ada gbr Soekarno, tulisan Surat al ikhlas, Asma Allah, nurisulaiman, kun fayakun, do’a sapu jagat. Pada uang nominal 100 dan 1000 bisa dilihat ada 9bintang yg menyala, kepala banteng dll .

- Tempat pembuatannya ada yang dari Kemayoran, surabaya, serta wilayah lain dan dari luar negeri seperti swiss dan perancis.

- Tahun pembuatan uang tersebut beragam, dari tahun 1952,1954,1957,1960,1961,1964.

- Ada yang berisi tulisan BI atau bertuliskan RI.


Uang unik soekarno 1

LALU APAKAH UNIKNYA DARI UANG SOEKARNO TERSEBUT?

Berikut beberapa alasannya:
1. Terdapat tulisan Asma Allah, surat al ikhlas, kun fayakun, nurisulaiman dll dalam bahasa Arab yang dapat kita lihat secara langsung maupun menggunakan sinar Ultra Violet atau alat detector uang palsu.

2. Uang tersebut bila diletakkan pada telapak tangan maka dgn sendirinya uang bergerak. Gerakannya bisa melengkung maupun menggulung tikar. Kemudian uang bisa jatuh dgn sendirinya dari telapak tangan kita.
Mengapa bisa demikian? Secara metafisik disebabkan Uang tersebut berisi energi eterik Yaitu suatu energi yg bereaksi terhadap suhu panas tubuh yg dipengaruhi keadaan fisik serta kejiwaan seseorang. Reaksinya berupa gerakan menjauh pada panas tubuh, ini ditandai dgn gerakan melengkung / menggulung.


Uang unik soekarno

JELASNYA UANG INI ASLI ATAU PALSU?

Pertama-tama kita harus tahu dulu bahwa uang Soekarno dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu uang Soekarno sebagai alat pembayaran dan uang Soekarno sebagai souvenir.

Uang Soekarno sebagai alat pembayaran. Uang ini dapat dikatakan uang resmi yang dikeluarkan BI. Uang ini tidak terdapat tulisan Arab di dalamnya dan tidak bisa bergerak jika diletakkan pada telapak tangan.

Uang Soekarno Sebagai Souvenir.
Uang ini tidak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran karena fungsinya hanya sebagai souvenir. Nah uang jenis inilah yang sedari awal kita ulas. Uang ini tidak bisa kita katakan palsu karena uang Soekarno soevenir ini berdiri sendiri, berbeda dari uang kertas lainnya.

BAGAIMANA SEJARAHNYA UANG SOEKARNO SOUVENIR INI?

Tidak diketahui pasti sejarahnya kapan dan bagaimana uang Soekarno sovenir ini. Ada yang menyebut uang Soekarno nominal Rp.100 pernah dibuat di tahun 1964 berjumlah 100 lembar diatas sebuah kapal. Namun uang tsb tidak sempat diedarkan karena disebabkan kondisi politik-keamanan didalam negeri yang tidak stabil. Kondisi serta keadaan uang tersebut sampai saat ini belum ada yang bisa mengetahuinya, apakah sekedar isu atau benar benar ada. Kemudian bermunculan lah uang-uang Soekarno yang serupa bahkan beberapa diantaranya terdapat pula dalam nominal lain.
Uang Soekarno jenis sovenir dikeluarkan tersendiri dan bukan oleh BI sehingga jika kita telusuri tidak akan dpt kita temukan penjelasannya pada situs resmi BI karena BI hanya mengeluarkan uang resmi saja.

HARGANYA? APAKAH BENAR SAMPAI RATUSAN JUTA?

Pada dasarnya transaksi atau jual beli jenis uang Soekarno ini didasarkan pada prinsip suka sama suka, artinya tidak ada harga pasti. Yang jelas jika peminatnya sangat tertarik biasanya penjual akan melepasnya dengan harga yang mahal.

Demikian tentang keunikan uang Soekarno ini, semoga artikel ini menarik bagi anda.
Back To Top